Masih tentang burung

Ada yang tidak biasa yang dirasakan oleh pengamat burung di seluruh dunia, namun bagi saya pribadi, yang saya rasakan adalah takjub.

Mengapa?

Begini, ketika mengamati burung, rasa kedekatan dengan alam itu ada, bahkan bisa dikatakan sangat dekat, jadi pada dasarnya, pengamatan burung adalah bagaimana mencintai alam yang ada, itu saja.

Bukan tentang bagaimana mendekati burung sebagai object yang harus masuk dalam frame camera, namun lebih pada bagaimana mendekati burung sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang sama dengan manusia, bersahabat tanpa harus menggangu.

Di sebuah desa di kecamatan lambitu, desa kaowa dusun kaddi merupakan satu desa yang ideal untuk melakukan pengamatan burung, jenis burung yang di amati memang tidak banyak, namun memiliki karakteristik yang sangat spesial di seluruh dunia, sebut saja burung Nuri pipi merah / red-chaked Parrot yang biasa bermain di sebuah pohon didekat tempat pemandian umum.

Pada jamannya dahulu, bukan hanya red-chaked Parrot yang bermain, namun kakatua jambul kuning pun bermain bersama dengan jenis-jenis yang lain.

Caridonax fulngidus / white rumped kingfisher adalah salah satu jenis yang spesial yang ada di dusun ini.

——

Continue

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s