Masih ada panas di Toro Doro

Jam 11 malam, perjalanan dari daerah pusat pemerintahan kabupaten Dompu menuju selatan Dompu, tepatnya arah Lakey Peak atau pantai lakey yang berhadapan langsung dengan samudera selatan, tujuan utamanya bukan ke pantai Lakey, namun ke salah satu spot Mata Air Panas Bumi yang berada di perbatasan Dompu dan Kabupaten Bima, tepatnya di daerah Nanga Doro atau masyarakat setempat menyebutnya Oi Pana.
Dalam bahasa indonesia, Oi Pana adalah Air Panas, salah satu keajaiban yang ada di wilayah dompu bagian selatan yang berjarak 1 jam perjalanan dari wilayah pusat pemerintahan kabupaten Dompu.

Kubangan Air tawar diatas sumber mata Air Panas Bumi di Nanga Doro / Toro Doro / Oi Pana

Ketika sampai di lokasi Sumber mata Air panas Bumi tersebut pada jam 5 pagi, kami sebelumnya mendirikan tenda di atas lokasi tersebut, di sebuah bbukit yang menghadap langsung ke lautan lepas bagian selatan atau samudera selatan, pemandangan malam ketika bulan mati merupakan satu keajaiban tersendiri, langit bertabur bintang, galaksi bimasakit yang nampak jelas dan bagi yang ingin memanaskan sensor kamera DSLR atau SLT atau Mirrorlesnya bukit tersebut adalah salah satu spot yang sangat tepat untuk menyiksa sensor kamera anda.

Untuk diperhitungkan juga, ketika hendak kesana (sekedar saran), sebaiknya perhitungkan waktu surut air laut, apakah surut pagi atau surut siang, karena ada satu keajaiban yang akan di dapatkan ketika air laut surut pagi.

Ada beberapa spot yang sangat indah ketika pagi menyapa di seputaran lokasi air panas bumi ini, ketika pagi menyapa pada saat air laut surut pagi, wabtu-batu yang berada di pinggir laut akan nampak mengeluarkan asap karena panasnya air yang keluar dari perut bumi yang mengalir langsung ke laut, pasir yang sudah berwarna merah bata, batu yang sudah merah bata, dan tentunya air yang sedikit hangat ketika bersentuhan dengan kulit.
keajaiban lainnya adalah ketika berendam di bibir pantai ini, hangat-hangat kuku, asik untuk relaksasi, bahkan bisa dikatakan sebuah kenikmatan tersendiri untuk dirasakan secara berbeda.

Pasir dan batu yang mengeluarkan asap ketika pagi hari di saat air laut surut

ada beberapa kisah yang tidak bisa saya ceritakan di sini….silahkan menikamati hasil tangkapan kamera saya… 🙂

Sisi Utara dari kubangan di atas mata air panas bumi

Star trail 880 detik diatas bukit sebelum menuju lokasi mata air panas bumi
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s