Elang Tikus

ada banyak jenis raptor yang ada di Nusantara ini, salah satunya adalah elang Tikus, elang yang besarnya seperti alap-alap ini masuk dalam kategori raptor atau pemangsa dan di sejajarkan dengan jenis elang-elang yang lainnya.

Elang Tikus, si pemburu tikus pembantu petani untuk mengendalikan hama

Dengan kecepatan yang di rata-rata sama dengan elang lainnya, jenis ini mampu mengejar mangsa dengan cepat, mangsa utamanya adalah tikus sawah, sehingga jenis ini sangat membantu para petani untuk mengendalikan hama yang ada di lahan pertanian mereka.

Elang tikus, untuk saat sekarang di daerah bima NTB masih bisa kita lihat di area pertanian dan perladangan warga baik di lahan ladang tadah hujan ataupun lahan ladang yang berada di bukit-bukit.
Jarang masyarakat mengetahui fungsi utama dari elang ini, masyarakat hanya mengetahui bahwa jenis ini sering memburu ternak mereka terutama anak ayam, namun lebih dari itu, sebenarnya jenis ini merupakan jenis yang tidak memburu mangsa selain tikus atau ular yang kecil di area kekuasaannya.
Elang tikus di habitat aslinya berwana putih dengan sayap ada abu-abu, bermata merah menyala, memiliki paruh bengkok yang cukup tajam untuk menusuk mangsanya ketika sudah ditangkap dengan kuku kakinya yang tajam serta di bawa ke dahan pohon yang tinggi.

_Gizan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s