Uncal Buau

Uncal Buau
(take at ; Sangiang Api so Sori Peto, By : Abdul Azis Gizan

masih tentang sangiang, sebuah gunung api yang terletak di tengah lautan selat makassar bima, sebuah gunung api yang masih mistik (untuk saat sekarang), dan sebuah gunung api yang masih menyimpan sejuta bahkan beribu pesona akan flora dan fauna.
Kali pertama aku dan kawanku Arif “Ganja” taufikurrahman berkunjung kesana bersama dengan team BKSDA untuk inventaris keberagaman hayati baik flora dan fauna, aku secara takjub begitu terkesima melihat penampilan gunung api yang masih aktif ini secara langsung di kaki gunungnya, memiliki ketinggia 1800 MDPL, merupakan gunung api aktif yang di idam-idamkan oleh sebagian para pendaki di indonesia setelah anak gunung krakatau ataupun ibunnya gunung krakatau.

menginjakkan kaki di salah satu spot terluar dari gunung api ini aku dibuat takjub sekali lagi, kaki seakan tidak mau bergerak, begitu banyak satwa yang datang mendekat seakan tidak takut dengan kehadiran manusia atau jangan-jangan mereka tidak pernah melihat manusia berkunjung sebelumnya.
Ada sekitar 25 jenis satwa burung yang ku lihat di spot ini, namun sebenarnya bisa lebih dari 25 jenis, menurut penelitian awal yang dilakukan oleh salah saorang Pengamat Burung, ada sekitar lebih dari 100an jenis yang ada di spot tersebut, namun aku belum menemukan kesemuanya dikarenakan terbatasnya waktu ketika mengunjungi spot tersebut.
Salah satunya adalah Uncal Buaou (lagi ga bisa cari nama latinnya, kitab burung sedang dibawa oleh om jerico) yang datang mendekat di depan lensa kameraku, menggunakan kamera jenis DSLR ketika berkunjung kesana sangatlah tepat bagiku, karena handlenya lebih baik dan lebih matap dibanding dengan mirorles atau poket, ditambah dengan lensa yang memadai agar satwa tidak merasa terganggu adalah pilihan yang tepat.
Uncal Buaou merupakan salah satu satwa aves endemik daerah NTB yang persebarannya sampai di wilayah NTT, dan saya masih berterimakasih atas semua itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s