Cikrak Kutub / Arctic Warbler (Arctic Leaf-Warbler) / Phylloscopus borealis (H. Blasius,1858)

Cikrak Kutub (c) Gizan Hila | Abdul Azis

Ada burung sejenis cikrak daun dari wilayah utara Eropa, Asia, dan Amerika yang menjelang musim dingin pasti nyelonong ke Indonesia. Para ahli burung (ornitholog) Indonesia menamakannya cikrak kutub / arctic warbler (Phylloscopus borealis). Biasanya mereka mulai datang pada September atau Oktober, dan berada di negeri kita hingga Maret atau April tahun berikutnya
Ada yang spesial ketika saya mengabadikan jenis ini di hutan desa Mangge Bima NTB, jenis yang begitu lincah berpindah tempat dari satu ranting ke ranting yang lain, sampai saya berhenti sejenak untuk mengabadikannya dan hanya memperhatikannya, dia menyelip di sela ranting-ranting yang kecil sehingga saya hanya bisa melihat.
Suaranya yang begitu melengking hingga saya lumayan terpesona untuk beberapa saat, ada beberapa pasang jenis ini ketika saya berada di dekatnya, tidak terlalu jauh saya mengabdikannya, cukup duduk diam di rimbunan semak dengan memakai kain kauflase, mengadikan jenis ini adalah hal yang asik, dan membuat vidio tentang ini lumayan menanatang.
Cikrak Kutub, dalam bahasa indonesianya, namun dalam bahasa bima, dia di panggil kari’i kacero na’e, entah kenapa dalam nama bima selalu saja masuk Na’e gitu ketika melihat jenis yang besar. dalam dunia ornotologi, cikrak kutub berkembang biak di daerah selatan (daerah dingin) atau daerah utara, dia merupakan burung migran, namun di Bima dia sudah jadi penetap.

Sedikit deskripsi yang saya ambil dari kutilag.or.id untuk jenis Cikrak kutub ini :
Deskripsi
Kecil (12 cm), berwarna zaitun keabu-abuan dengan alis mata putih-kekuningan, panjang dan mencolok. Tubuh bagian atas zaitun-gelap dengan garis di sayap berwarna pucat samar-samar, sehingga tidak mencolok. Tubuh bagian bawah keputih-putihan, sisi tubuh zaitun-kecoklatan, kekang, dan setrip-mata kehitaman. Paruh cukup panjang dan sedikit mencuat, berwarna buram.
Iris coklat tua; paruh bagian atas coklat dan paruh bagian bawah kuning; kaki coklat.
Penyebaran
Burung migran. Berbiak di Eropa utara, Asia utara dan Alaska. Bermigrasi ke selatan pada musim dingin menuju Cina, dan Asia Tenggara, Filipina dan Indonesia.
Terdiri atas 3 sub-spesies, dengan daerah persebaran:
borealis (J. H. Blasius, 1858): Berbiak di Eropa utara (Fennoscandia bagian utara dan timur, Rusia utara) dari sebelah timur melewati Siberia utara sampai sungai Kolyma, dari sebelah selatan sampai Siberia tengah bagian selatan (L Baikal), Mongolia dan Cina timur laut (Manchuria bagian utara dan timur). Bermigrasi ke Asia Tenggara (Myanmar selatan dari sebelah timur sampai Vietnam), Cina tenggara (Fujian, Guangdong utara) dan selatan Taiwan sampai Sunda besar.
xanthodryas (Swinhoe, 1863): Berbiak di timur laut Rusia (Chukotka dan Kamchatka) dari selatan sampai Pulau Sakhalin, Kepulauan Kuril dan Jepang (Hokkaido, Honshu). Bermigrasi ke Taiwan, Kalimantan, Filiphina (Luzon, Negros) dan Indonesia (sebelah timur sampai Sunda kecil).
kennicotti (S. F. Baird, 1869): Berbiak di barat-laut Amerika (Alaska barat). Bermigrasi ke Filiphina dan Indonesia (sebelah timur sampai Sunda kecil).
Tempat hidup dan Kebiasaan
Sering bergabung dengan kelompok burung lain saat mencari makan. Dalam jumlah kecil mengunjungi hutan terbuka, mangrove, hutan primer, hutan sekunder, dan pinggir hutan sampai ketinggian 2500 mdpl.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s