Isap Madu Australia / Brown Honeyeater

Isap madu Australia / Brown Honeyeater

Masih tentang burung madu, ada satu jenis lagi yang mengusik saya untuk memberikan nama baru pada jenis ini, soalnya namanya sangat tidak masuk akal bagi saya, yeach, bagi saya, jenis ini sangat umum berada di Indonesia, namun di Bima NTB kami menyebutnya “kari’i na’e” namun dalam bahasa indonesia yang umumnya dia biasa di panggil “isap madu australia”.
Memang harus diakui lagi, pada tahun 1870 silam, orang yang menemukan dan mendokumentasikan ini langsung memberi nama negaranya mungkin, padahal di Indonesia jenis ini sangat banyak khususnya di wilayah Nusa Tenggara, baik itu wilayah barat atau wilayah timur dari nusa tenggara.

Deskripsi
Berukuran kecil (13 cm) dan anggun. Berwarna kecoklatan buram sampai hijau-zaitun. Paruh agak panjang, melengkung ke bawah. Tubuh bagian atas coklat-zaitun atau abu-abu, tubuh bagian bawah abu-abu dengan perut putih. Ada bercak segitiga kuning khas di belakang mata. Dagu dan tenggorokan keabu-abuan (jantan) atau kekuningan (betina). Tepi bulu-bulu primer dan bulu ekor luar hijau kuning cerah. Sudut paruh yang lunak kuning. Remaja: lebih coklat, bercak telinga tanpa bulu.
Iris coklat, paruh hitam, kaki keabu-abuan.
Mungkin jika pertama kali ditemukan oleh orang indonesia dan mendokumentasikannya serta mempubliskannya akan diberi nama sesuai dengan nama negara mungkin, tapi, ya sudahlan, nikmati saja apa yang telah menjadi ketetapan dunia masa silam, toh, selama ini negara ini tetap di rugikan juga kok.
Persebaran dan Ras
Umum di Trans-Fly (Papua) dan Kep. Aru (Maluku). Juga di Nusa Tenggara, Bali dan Australia. Terdiri dari 4 sub-spesies:

  1. nupta (Stresemann, 1912) – Kep. Aru.
  2. melvillensis (Mathews, 1912) – Kep. Tiwi (P. Bathurst, P. Melville), pesisir utara Australia bagian utara.
  3. indistincta (Vigors & Horsfield, 1827) – Australia bagian barat, Northern Territory, Queensland timur-laut(Selwyn Range), dan Australia bagian selatan.
  4. ocularis (Gould, 1838) – Papua bagian selatan (Trans-Fly selatan, termasuk Merauke, S. Bensbach R dan Danau Daviambu), P. Saibai (di Terusan Torres) dan Australia bagian timur.

Tempat Hidup dan Kebiasaan
Dalam kelompok kecil di pohon-pohon berbunga. Umum di savana Banksia yang rendah dan terbuka. Mendatangi hutan mangrove dan pohon Melaleuca yang berbunga di dataran rendah sampai ketinggian 1200 m. Di Bali, tidak terlalu umum terdapat di daerah pegunungan. Umumnya hidup sendirian atau dalam kelompok kecil. Suka berakrobat dan lincah.

Beberapa gambar yang saya dokumentasikan untuk jenis ini di taman kota Bima NTB.

Burung madu Australia (mudah-mudahan suatu waktu akan berubah nama menjadi BURUNG MADU INDONESIA)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s