Sepah Kerdil / Pericrocotus lansbergei

Sepah kerdil

Kadang ketika memasuki hutan untuk mendokumentasikan jenis-jenis satwa yang ada di Bima NTB, banyak tantangan yang harus dilalui, bahkan bertarung nyawa kadang, namun disitulah sisi petualang dan sisi manusia di uji, capek, iya capek pastinya, namun semuanya akan terbayar jika apa yang dicari ditemukan dan bisa diabadikan dalam bingkai lensa dan kamera yang dibawa.
Namun, tidak berkecil hati, kadang ada juga bonus-bonus yang ditemukan sepanjang jalan untuk mencari yang di inginkan tersebut, kadang bonus itu merupakan hal yang spesial dari itu semua.
DESKRIPSI
Berukuran kecil (16 cm).
Jenis burung yang tidak umum dijumpai.
Menghuni tipe taman hutan terbuka dengan lapisan tajuk bawah yang terpencar, juga hutan primer, hutan sekunder yang tinggi dan hutan di tepi sungai.
Dari permukaan laut sampai ketinggian 1150 m (Sumbawa) dan 1820 m (Flores), sebagian besar di bawah 500 m.

kadang saya secara pribadi sering beranggapan gambar yang saya ambil ini adalah sepah hutan, ternyata ketika saya mencek ulang di buku panduan burung di kawasan wallacea ini adalah jenis endemik Nusa Tenggara, waoo….masih ada juga rupaya yang endemik di Negeri ini…..
Di Bima sendiri, jenis ini masih dikategorikan aman, banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa jenis ini ada, mereka menganggap jenis ini merupakan jenis turunan dari cucak kutilang atau bentet kelabu.
Sepah Kerdil [at] hutan snokling lampe Bima NTB

selain di lampe, persebaran sepah kerdil ini di Madapangga sampai Sape Bima NTB, namun kebanyak berada di Hutan snokling yang berada di Wilayah lambitu, wawo dan Area Konservasi Madapangga Bima NTB.
Penampakan Sayap bagian bawah dari Sepah Kerdil

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s