Paok La’us / Pitta Ellegant

Paok La’us / pitta elegant [at] hutan madapangga bima

Ketika lelah datang disaat mengambil moment penghuni hutan, berostirahat dibawah rerimbunan daun hijau adalah pilihan terbaik, namun rasa was-was masih ada, dibawah, bukan musuh yang kelihatan yang di takuti, namun musuh yang bermain dalam semak belukar dan daunan kering yang menjadi rasa khawatir.
Madapangga merupakan sebuah area hutan konservasi yang terletak di jalan lintas bima dompu tepatnya di daerah perbatasan, dengan luas hutan yang sudah semakin berkurang karena banyaknya pembukaan lahan pertanian oleh warga, maka habitat yang ada juga disana semakin berkurang.
Anggota sindikat wildlife bima dompu berkesampatan untuk kesana dan mengobok-obok isi hutan yang ada disana, jenis-jenis yang ditemukan disana antara lain adalah Pitt Ellegant / Paok La’us.
Deskripsi

Sedang (20cm). Kepala bagian atas dan sisinya hitam, coretan seperti membentuk alis yang memanjang dari paruh sampai tengkuk membentuk gradasi warna dari kuning tua ke biru pada ujung di tengkuk. Tubuh bagian atas hijau, tungging dan penutup sayap biru terang metalik, bulu primer hitam dengan garis putih. Tubuh bagian bawah umumnya kuning tua, dengan bercak hitam di perut dan bercak merah padam tunggir.
Iris dan kaki coklat, paruh kehitaman.(http://www.kutilang.or.id/burung/konservasi/paok-laus/)

Hutan Madapangga merupakan area konservasi untuk sumber mata air bagi daerah sekitarnya, namun sekarang sudah semakin berkurang luas lahannya, dikarenakan pembalakan oleh masyarakat untuk membuka lahan pertanian musiman.
Dengan pembukaan lahan yang terus menerus, dikhawatirkan tidak akan bertahan lama area tersebut akan segera berakhir, entahlah, namun yang jelas, untuk saat sekarang, area tersebut masih kelihatan asri di pinggir jalannya.
Pitta Elegant merupakan satu dari sekian banyak spesies yang ada didalam hutan tersebut, selain jenis ini, ada juga nuri pipi merah, cekakak tunggir putih dan dua jenis elang serta alap-alap.

Piita Ellegant (Paok La’us)

Selama kami disana, kami juga menemukan jenis burung hantu jenis CELEPUK WALLACEA / OTUS SILVICOLA / WALLACE’ES SCOPSOWL
WAALACE’S SCOPOWL / OTUS SILVICOLA / CELEPUK WALLACEA

Mudah-mudahan suatu saat nanti bisa mendokumentasikan lagi habitat disana untuk yang lebih lengkap lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s