Nuri pipi merah si endemik sumbawa

Nuri pipi merah (lampe kota bima)

Yup, sudah lama rasanya tangan ini tidak pernah di gerakkan di tuts keyboard, rasanya sedikit hambsr, namun di sela kegiatan harian yang menyita waktu dan pikiran masih saja jari jemari ini ku sempatkan mengetik beberapa kata untuk si NURI PIPI MERAH ini.
jenis ini hampir langka untuk ditwmui di daerah bima dompu, hutan hang dia pilihpun hutan yang sangat rimbun, seperti hutan snokling dan hutan jati, entah kenapa jenis ini memilih beraembunyi di lebatnya hutan, namun yang pasti, mereka juga oengen melangsungkan kehidupannya dan jauh dari tangan-tangan jahil manusia ya g semakin serakah.
Nuri pipi merah biasanya berpasangan ketika mencari makan, kadang sendiri juga, namun ketika saya mengabadikan jenis ini, saya dan kawan-kawan menyambangi hutan madapangga dengan hsrapan bisa bertwmu dengan jenis ini, namun hasilnya nihil, dua kali kesana tidak pernah bertwmu dan diabadikan dengan lensa dan gear yang kami bawa, hanya di identifikasi oleh seorang ahli iddentifikasi dari bali bahwa di hutan madapangga ada jenis ini.
Dua bulan tiga bulan bahkan lebih, saya berpikir terus, saya mencoba memberanikan untuk ke hutan snokling wilayah kota bima yang terletak di desa lampe (tower telkom doro na’e), saya menunggu dua tiga jam, yang muncul hanya srigunting wallacea, mau tidak mau saya abadikan dulu daripada tidak ada frame yang saya bawa pulang.
Saya memutuskan balik kandang, di twngah jalan, saya mendengar suara burung yang melengking, ga sadar diatas kepala saya melintas tiga ekor nuri, saya memperhstikan dan ternyst nuri pipi merah, saya kejar sampai kedalam hutan, sakit tangan kena goresan kayu tidak saya perhatikan.
Dengan mengendap, saya terus memperhatikan pucuk pohon snokling mudah-mudahan nuri kembali ke dekat saya, ternyata dia kembali, hampir 50-an frame saya dapat namun kurang bagus karena si huri bersembunyi di balik reri bun pohon snokling.
Bersyukur, saya masih bisa melihat burung ini.

(Bersambung)

Leave a Reply

