Kacamata Wallacea (Bag II)

Kacamata Wallacea @plawangan sembalun Rinjani NTB

Yup, burung kecil jenis ini sangat banyak ditemukan di daerah Bima NTB, bukan hal yang spesial memang, namun tak apalah, yang penting masuk ke record dunia dan blog agar kita bisa terus belajar dan menyimpan beberapa ilmu untuk generasi selanjutnya.
Jenis ini khususnya di NTB sangat dan sangat banyak persebarannya, mulai dari dataran rendah sekitar bibir pantai sampai di ketinggian 2000-an dari permukaan laut, yup sangat tinggi memang dia bermain, namun ternyata sedikit perbedaan dengan yang bermain di bawah dataran rendah, dia sedikit tebal bulunya, yap, mungkin untuk menyesuaikan keadaan cuaca dan musim.

Tanggal 11 september 2014, saya dan kawan-kawan ketika jaman kuliah dulu bertemu di mataram untuk melakukan perjalanan ke puncak rinjani, sebuah gunung di kawasan lombok indonesia, pada awalnya saya pesimis untuk mendaptkan beberapa jenis burung asli di sana, namun saya tepis saja, saya membawa lensa tele medium, walaupun berat tak apalah saya pikir demi sebuah gambar yang bisa dikatakan bagus.
dari pos II pendakian sembalun menuju pos III, tidak ada aktifitas disana darisatwa-satwa, yang terpantau hanya se-ekor elang bondol sedang soaring di antara ilalang-ilalang yang sangat luas namun tidak saya dokumentasikan karena jenis dan warnanya sama dengan elbon yang saya dapatkan di perjalanan ke mataram tepatnya di plampang sumbawa NTB.
dari pos III pendakian, saya melihat ada beberapa jenis burung yang khusus dikawasan wallacea, decu belang salah satunya dan yang banyak adalah jenis kacamata dan kacial.
Kacamata Wallaccea @plawangan sembalun Rinjani with edelwais flowers

Jika kita memperhatikan dengan seksama, bulu-bulu yang ada pada kacamata wallacea di plawangan sembalun yang ketinggian dari permukaan laut sekitar 2000 MDPL sedikit tebal dibanding dengan yang ada di dataran rendah.
Kacamata Wallacea @Lambu Sape NTB (c) Olan Sang Ilalang

dan warna dari yang diketinggian sedikit pucat dibanding dengan yang ada di dataran rendah.
Beberapa foto yang saya ambil di plawangan sembalun untuk kacamata wallacea.
Kacamata Wallacea @Plawangan Sembalun Rinjani

Leave a Reply

