Kowak Malam Abu

Kowak Malam Abu (TPI Sape Bima NTB)

Masih banyak burung pantai yang belum kita ketahui jenisnya, namun karena kegigihan kawan-kawan yang begerak di dunia per-burung-an akhirnya sedikit demi sedikit muncul ke permukaan burung-burung tersebut.
Kowak malam Abu, biasanya berada di pantai berlumpur, sangat banyak namun biasanya bermain sendiri dan terbang mencari makan sendiri walaupun ada kawanannya, entah kenapa.
Kowak Malam Abu hampir ada diseluruh indonesia dengan habitat pantai berlumpur dan sering bermain di bawah pohon bakau yang berada ditepian pantai tersebut.
Makanannya adalah ikan-ikan kecil yang terperangkap di kubangan kecil ketika air laut surut. namun bukan itu saja, ternyata dia pemangsa kepiting juga atau yang biasa disebut oleh masyarakat bima dengan “janta sabae”.

Kadang untuk menemukan jenis ini tidaklah sulit, namun butuh kesabaran untuk menunggu dan mendekatinya, jenis ini tidak terlalu liar juga dan tidak terlalu jinak untuk didekati.
Kowak Malam Abu ini saya dapatkan gambarnya di TPI sape Bima NTB, namun sehari sebelum disana, saya mendapatkan jenis yang sama di teluk waworada langgudu bima NTB sedang mencari makan bersama trinil dan javan plover.
Untuk kawasan Langgudu bima, tidak banyak burung pantai yang saya temukan, hanya sekitar 3 (tiga) jenis, kowak malam abu, trinil dan gajahan serta javan plover, itupun hanya se-ekor dua ekor saja, entah kenapa disana jarang ada burung migrasi, padahal, ketika tulisan ini saya buat, musim migrasi burung telah dimulai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s