Frame & warna

Menggapai Merah

Disela berburu satwa yang ada di Bima, Kota Bima dan Dompu,sambil menunggu hadirnya satwa dan sambil berjalan di dalam alam yang begitu tenang dan sambil menikmati kopi yang di hidangkan oleh tangan yang lahir dari alam, kami [utamanya saya] sesekali mengambil moment yang lain sebagai file sampingan untuk belajar dan mengingat lagi tentang teori fotografi yang pernah di dapat secara otodidak dahulu.
Frame, dalam bahasa indonesianya adalah bingkai, namun yang dimaksud bingkai dalam fotografi di sini adalah objek tambahan yang mengelilingi sebuah objek untuk mengisolasi objek tersebut agar menjadi point of interest tersediri dan mengarahkan mata ke arah yang di inginkan oleh fotografer tersebut.
Frame bisa diartikan secara luas dan bisa diartikan secara sempit, dalam artian secara luasnya sangat tidak mungkin saya jabarkan di sini, namun secara sempitnya seperti yang saya gambarkan secara singkat diatas.

pada awal penggunaan frame, setidaknya kita harus membuat sebuah objek yang akan kita jadikan point pandangan, di situ fotografer di uji kejeliannya, bagaimana dia menempatkan objek tersebut secara sempurna di dalam bingkai yang telah disediakan oleh alam.
Fotografer yang pintar, pasti akan jeli melihat suasana dimana dia bisa menempatkan objek dalam frame dengan sempurna, namun tidak akan terlepas juga teori yang dahulu kala dikatakan oleh banyak orang, tempatkan objek di sepertiga bagian frame.
Bagaimana dengan warna? Warna sebenarnya tergantung kita menilai, apakah kita hendak membuat gambar dalam bentuk hitam putih atau dalam bentuk CMYK? yup, tergantung kita, namun sebenarnya, hitam putih merupakan warna juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s