Javan Plover / Cerek Jawa

Javan Plover / Kaciwi Moti

Mengamati burung pantai memang kadang susah gampang, karena kemiripan mereka sangat detail bahkan hampir bisa dikatakan mereka sama, namun ada beberapa warna yang harus di perhatikan bahkan sangat perlu diperhatikan.
Javan Plover, di indonesia khususny, rupanya burung ini adalah burung migran yang ketika di belahan dunia lain masuk musim dingin, maka dia akan pergi kebelahan dunia yang lain untuk mencari matahari dan mempertahankan hidupnya.
Javan Plover khususnya di Bima NTB sangat banyak ketika musim panas yang menuju musim hujan, biasanya Javan Plover berada di tambak-tambak masyarakat yang tidak jauh dari lokasi masysrakat mencari nafkah juga.
Javan Plover yang terindetifikasi di Bima pada khususnya memiliki kesamaan dengan yang berada di belahan indonesia lainnya, kecil sekepal tangan dan memiliki garis di samping leher berwarna kekuningan jika dilihat dengan baik.

Dibelahan indonesia yang lain, seperdi daerah Lombok, (gambar dibawah ini)

Javan Plover (c) deddy darmawan @bendungan batu jai Lombok

javan Plover sendiri tersebar merata di wilayah NTB, Khusus di Bima, dia berkerumun sekitar 20-an ekor di tambak-tambak masyrakat yang sudah tidak terlalu dipakai.
Javan Plover sendiri untuk di Bima sampai sekarang belum ditemukan sarangnya (mungkin masyrakat tahu sarangnya dimana) dan itu merupakan projek khsusu bagi kawan-kawan sindikat fotografer wildlife bima dompu untuk menemukan sarangnya tersebut agar bisa di dokumentasikan secara lengkap kehidupan dia.
beberapa gambar javan plover yang saya ambil di ddaerah sondosia Kab. Bima beberapa waktu lalu :

Javan Plover @ Sape Bima NTB (c) JericoST.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s