Bermain dengan Warna / Lanscape

Alam tampa warna @labuhan kayangan lombok NTB

Iseng-iseng posting tentang lanscape, memang harus di akui, ketika kita berjalan untuk mencari objek yang difoto (dalam hal ini birding) tidak dapat di pungkiri lagi bahwa kita pasti akan melewati tempat-tempat yang sangat indah, kata kawan saya, tempat itu adalah surga yang jarang orang melihatnya, sayapun ingin mengabadikannya juga walaupun hanya satu dua frame.
Menurut kawan-kawan yang sudah expert dalam dunia foto memfoto Batu, kayu, laut dan gunung (landscape) foto itu harus warna, hitam putih pun itu adalah warna, jadi jangan takut untuk memfoto dalam keadaan hitam putih yang penting sudah mengetahui sedikit teknik dan komposisi dalam fotografi.
Kadang orang melihat, bahwa foto yang bagus itu adalah foto yang mencampur semua elemen warna (mijukuhibiniu), namun ada satu lagi yang sebenarnya asik untuk di abadikan warna itu, HITAM PUTIH dan GRAY.

ahh… itukan foto buta warna, kata sebagian orang, iyalah, foto buta warna, tapi cobalah lihat, bagaimana permainan warna hitam sampai ke putih tersebut, bagaimana memunculkan gradasi tiga warna, bagaimana sulitnya membuat komposisi yang pas “one shoot one kill”.
Kadang foto hitam putih atau bahasa kerennya BW bisa sangat dalam artinya, karena memang keadaan itu tidak terlalu di buat-buat, tidak banyak memakai filter, hanya sedikit olahan di proses akhir untuk memunculkan beberapa warna yang kita inginkan.

nelayan pelabuhan kayangan lombok timur NTB

Namun kadang ada beberapa foto yang memang harus di buat dalam fersi banyak warna agak terjadi keragaman dalam gambar yang kita ambil, kita juga butuh yang segar-segar juga kan.
Maka tak ayal lagi jika seorang birder (saya menyebutnya) bisa merangkap menjadi seorang landscaper.
Puncak Panda Kab. Bima

Intinya balik ke selera masing-masing, yang penting kita jalan dan mengabadikan sesuatu walaupun itu cuman satu frame (satu foto) untuk dinikmati oleh generasi kita selanjutnya.

“jaga alam kita, jaga diri kita, jaga keluarga dan sahabat serta musuh kita, karena hidup cuman tiga hari, kemarin adalah sejarah, hari ini adalah kenyataan dan esok adalah misteri”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s