Bondol Peking/Lonchura Punctulata

bondol peking/lonchura punctulata/kari’i kaddi

Burung ini sering kita jumpai di daerah persawahan de sluruh nusantara, entah dimana endemiknya, tapi yang jelas, burung ini masih sangat banyak di Nusa Tenggara Barat khususnya di Bima baik itu kota maupun Kabupaten.
Burung pemakan biji-bijian ini merupakan burung yang hidup berkelompok, dengan satu kelompok mencapai 50-an ekor bahkan bisa lebih dari itu.
Bagi para petani padi, burung ini merupakan musuh alami, sehingga para petani biasanya membuat jaring atau jerat untuk burung ini.
Burung ini biasanya bersarang di pepohonan yang agak rindang bahkan di pepohonan yang sudah tidak ada daunnya, dengan habitat yang masih banyak di Bima, burung ini sangat mudah di jumpai.

Pengambilan gambar burung ini di lokasi pariwisata Lawata Kota Bima dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Burung ini lumayan jinak di depan manusia.
Teringat waktu SD dulu, kami membuat sangkar penangkap untuk burung ini dengan menggunakan tangkai alang-alang, kami biasaya membuat sangkar penangkap dan diletakkan di kaki bukit ketika musim padi mulai berisi, menunggu dan menunggu sampai sore apakah burung ini masuk dalam sangkar penangkap atau tidak, kadang masuk kadang tidak, namun itulan jaman kami waktu dulu, sungguh kenangan yang tak bisa dilupakan.

Beberapa gambar bondol peking di lokasi wisata lawata kota bima.

sarang bondol peking
bondol peking betina

=- kari’i kaddi -=

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s