Sangiang (sedikit cerita)

Gunung Sangiang (View dari Pelababuhan Sape Bima NTB)

Sangiang, Riwayatmu dulu.
Baru-Baru ini, gunung api yang terletak di wilayah utara kabuapaten bima ini memuntahkan laharnya, membuat hujan debu vulkanik yang sangat tebal, menunda beberapa penerbangan di Bandara internasional Darwin Australia, membuat hujan debu di NTT setinggi lutut, membuat waspada semua orang yang ada di Wera, Bima Kota, Sape, dan daerah pesisir Kabupaten Bima.
Sebentar, kita review ulang dulu, ini ada apa, ini kenapa, kok langsung pada inti permasalahan, kenapa dan mengapanya Sangiang memuntahkan Laharnya, kenapa bandara internasional di australia ga bisa menerbangkan pesawatnya, kenapa kota dan kabupaten bima yang berada di pesisit harus waspada?
Begitu banyak pertanyaan yang muncul ketika melihat keadaan ini, pada tanggal 31 Mei 2014 Gunung yang masuk dalam Ring Of Fire ini menampakan aktifitasnya lagi, Sangiang Timur memuntahkan Laharnya, membuat warga Wera (daerah pesisir yang berada dekat dengan gunung Sangiang) kelabakan menyelamatkan harta bendanya, lari kesana kemari.
Warga tidak menyeadari Gunung Sangiang memuntahkan laharnya, karena tidak ada tanda-tanda bahwa gunung itu akan meletus, tidak ada binatang yang turun,begitu tenang, begitu damai, namun memamatikan sangat. Pada hari itu, angin mengarah ke timur dan tenggara.

Tanggal 29 Mei 2014 Kawan-kawan dari Sidikat wildlife Bima Dompu ke daerah Tengge untuk mengabadikan kegiatan Elang Laut Perut Putih disana, semua kelihatan aman, nyaman dan damai, namun sehari setelah itu, sangiang meletub.

Arah Angin Ketika Sangiang Meletub

Arah Angin Ke tenggar dan timur, membuat bandara darwin Australia di tutup sementara untuk penerbangan, Hujan debu Menutub sebagian daerah NTT, sehari setelahnya, warga Bima kota dan Kabupaten yang berada jauh dari Sangiang mendapatkan jatah Awan Debu Vulkanik.

“Sangiang Riwayatmu”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s