kacamata wallacea / zosterops wallacei

Sikatan Matari / Kari’i Kacero

kacamata wallacea, zosterops wallacei dalam bahasa indonesianya, namun masyarakat Bima NTB biasanya menyebut burung ini dengan Kari’i Kacero.
Burung ini biasanya hidup di areal perkampungan masyarakat namun kadang juga hidup di hutan belantara. Dengan habitat aslinya di semak-semak, kadang tidak mudah mengambil gambar burung ini jika berada di alam bebas seperti hutan dan lain sebagainya, namun sangat mudah mengambil burung ini ketika berada di halam rumah kita, apalagi rumah kita rimbun dengan pepohonan semacam jambu air atau mangga, ketika musim berbunga, burung ini banyak ditemukan di sekitar rumah kita.
Sikatan matari sekarang banyak diburu oleh masyarakat untuk dijadikan burung peliharaan dan burung kicau, kadang masyarakat juga memburu burung ini dengan senapan angin, mungkin habitat mereka masih banyak jadi masyarakat sedikit berleha untuk memburunya.

di daerah Bima sendiri, burung ini masih sangat banyak, ketika kita pergi ke ladang masyarakat, burung ini sangat nyaring suaranya, burung ini juga biasanya hidup berkelompok dengan jumlah 5 atau 6 ekor perkelompok.
gambar diatas saya abadikan ketika Sikatan ini sedang mengeram telurnya dengan lokasi di daerah kabupaten Bima tepatnya di daerah Manggae sebelum masuk ke dam Sumi dengan koordinat peta -8.647201, 118.982533.
Jika dilihat habitat mereka disana, bisa dikatan habitatnya masih sangat terjaga, mungkin karena jauh dari perkampungan juga, dan makanan untuk Sikatan ini juga masih berlimpah.

Advertisements

2 thoughts on “kacamata wallacea / zosterops wallacei”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s