Punce (kenangan waktu itu)

Punu Nence (punce) Kota Bima.

Selingan dikala tidak memotret burung dan habitatnya.
tidak semata untuk mendedikasikan hidup kepada satwa liar, namun adakalanya kita terutama saya ingin melihat indahnya pemandangan alam yang terbentang di luar sana, menikmati udara dingin walaupun tidak dingin-dingin amat, menikmati makanan yang jauh dari kata sedap dan indah dipandang, menikmati kesendirian ketika bersama.
Memang banyak yang harus di jelajahi, namun setidaknya, langkah kecil kita terutama saya mungkin bisa memberikan sedikit nuansa yang berbeda.

Punu Nence dengan ketinggian 1000-an MDPL terletak di kawasan perbatasan antara kabupaten Bima dan Kota Bima, namun secara geografis masih masuk di wilyah Kabupaten, dengan letak yang bisa di lihat secara jelas dari kota Bima ke arah timur, Punu Nence merupakan bukit vavorit para petualang pemula dan petualang senior untuk melepas lelah dan menikmati alam.
Punu Nence bisa ditempuh dengan waktu 4 jam perjalanan darat tampa kendaraan, dengan mengesampingkan membawa air dari bascamp, kita bisa mencapai puncak ini dengan jalan kaki hanya dalam waktu 3,5 jam dari bascamp Lela Mase.
Biasanya kawan-kawan PA (pecinta Alam) di bima khususnya, memilih punu Nence untuk latihan pendakian sebelum ke pendakian selanjutnya (biasanya tambora atau sangiang) namun lebih dari itu, punu Nence sendiri adalah tempat yang sangat baik untuk dijadikan tempat refresing akhir pekan.
Setiap 17-an Agustus saban tahun, banyak yang memilih tempat ini untuk dijadikan lokasi upacara 17-an, karena letak dan luasnya lahan di punu Nence sangat memadai untuk dijadikan lapangan upacara.
Masyarakat sekitar menyebut Punu Nence dengan “Mpori Ngenge Sahe” atau “rumput gembala kerbau” karena memang jenis rumput ini adalah rumput yang biasa untuk gembala. Namun masyarakat sekitar tidak pernah mengembalakan ternaknya, mereka melepas begitu saja di hutan.

Punu Nence.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s